Pendidikan & Budaya

Nelayan Maros Terima 500 Paket Konveksi BBM ke BBG 

15
×

Nelayan Maros Terima 500 Paket Konveksi BBM ke BBG 

Sebarkan artikel ini

Penyerahan bantuan kepda nelayan

KABAR-SATU, MAROS —– Kementerian ESDM menyerahkan bantuan 500 paket konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG) kepada nelayan yang ada di Kabupaten Maros.

Penyerahan bantuan tersebut dilaksanakan di Kantor Balai Diklat Pengolahan Hasil Perikanan Dinas Perikanan dan Kelautan Sulsel pada Rabu kemarin.

Direktur Pembinaan Hilir Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI, Mohammad Hidayat, mengatakan, bantuan itu, khusus diberikan kepada kapal penangkap ikan di Maros, dengan harapan konversi energi itu mampu mengurangi biaya nelayan saat melaut.

“Salah satu program diversifikasi energi adalah bagaimana mengalihkan BBM ke BBG, dalam hal ini elpjii untuk sektor nelayan,” katanya.

Sementara anggota DPR RI Komisi VIII Andi yuliani paris, yang sejak tahun 2017 lalu, mengawal aspirasi masyarakat ini menyebutkan, selain Maros, di Wajo juga di berikan sekitara 580 nelayan, serta Bone 175 nelayan.

“Ini sebagai kelanjutan program tahun sebelumnya dimana tahun sebelumnya ( 2017 dan 2018) sudah diberikan 967 mesin kepada nelayan bone dan 950 an kepada nelayan Bulukumba, 204 nelayan Sinjai dan 480 nelayan Bone dan 425 nelayan Maros,”Terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Tujuan dari program konversi BBM ke BBG untuk nelayan Memberikan solusi penyediaan energi alternatif yang lebih ramah lingkungan, dan sudah dikenal masyarakat.

Selain itu kata dia, kemudahan akses LPG ke masyarakat serta Memberikan dampak positif kepada masyarakat terutama untuk nelayan sasaran melalui penghematan pengeluaran biaya bahan bakar.

“Hal ini juga Membantu ekonomi masyarakat nelayan sasaran menuju ekonomi masyarakat yang mandiri dan ramah lingkungan,”paparnya.

“Selain itu, konverter bahan bakar tersebut bisa melindungi kelestarian terumbu karang dan biota laut dari kontaminasi tumpahan bahan bakar minyak jenis premium di laut. Dia juga mengajak jika saat ini pemerintah pusat berupaya menekan penggunaan BBM yang berasal dari fosil dan menggantikan BBM yang baru,”tambahnya (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page