Hukum & Kriminal

Hamris Divonis 8 Bulan Penjara atas Kasus Kartu Caleg Terselip

983
×

Hamris Divonis 8 Bulan Penjara atas Kasus Kartu Caleg Terselip

Sebarkan artikel ini

Sidang vonis Hamris yang digelar kamis kemarin (foto Ist)

KABAR-SATU, SOPPENG — Pengadilan Negeri Kabupaten Soppeng, dalam sidang yang digelar Kamis kemarin, menjatuhkan hukuman terhadap Hamris, pegawai honor di KUA Kecamatan Marioriwawo. Hamris dihukum 8 bulan penjara oleh hakim yang dipimpin Angga Hakin Permana Putra SH.MH.

Kasi Intel Kejaksaan Negeri Soppeng, Rekafit M, SH, selaku Jaksa Penuntut Umum (JPU), menjelaskan, bahwa putusan dengan nomor 1/pid.S.pemilu/2024 PN.Wns tanggal 15 Februari 2024, menyatakan Hamris bersalah melakukan tindak pidana “pemilihan umum”sebagaimana di atur dalam pasal 521 jo pasal 280 ayat (1) huruf h UU No 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum.

“Pidana yang dijatuhkan 8 bulan penjara dengan masa percobaan 6 bulan, serta denda dua juta rupiah,”kata Rekafit Jum,at (16/2/2024).

Rekafit menuturkan, denda yang tidak dibayar akan diganti dengan kurungan penjara selama dua bulan.

Menurutnya ,selama persidangan, berbagai barang bukti disorot, termasuk amplop, bahan kampanye, dan flashdisk. Barang bukti tersebut akan dimusnahkan, termasuk kartu nama caleg DPR RI dari partai PDI perjuangan nomor urut 2 atas nama Drs H Samsu niang.M.pd yang ditemukan tersembunyi dalam bantuan guru ngaji di Kecamatan Marioriwawo pada Desember 2023.

Sidang yang dipimpin oleh Angga Hakin Permana Putra SH.MH bersama anggota majelis hakim Elisabeth Panjaitan.SH.M.Kn dan Andi Maulana.SH.,MH, serta panitera Antar SH, menangani kasus ini.

Jaksa Penuntut Umum yang terlibat dalam proses ini melibatkan Hasmia.SH.,MH, Rekafit M,SH, Munith Nur.SH.,MH, R Joharca Dwi Putra.SH, Muhammad Aprila Rhamadon.SH, Muslimin Lagalung.SH, serta Rumtika Dwiyanti.SH.

Diberitakan sebelumnya, Hamris ditemukan oleh Bawaslu menyelipkan kartu nama caleg dalam bantuan guru ngaji yang dibagikan di Kecamatan Marioriwawo pada Desember 2023.

Hen




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page