Pertanian

Kembangkan Budidaya Porang, Dinas TPHPKP Soppeng Hadirkan Narasumber Dari Madiun 

20
×

Kembangkan Budidaya Porang, Dinas TPHPKP Soppeng Hadirkan Narasumber Dari Madiun 

Sebarkan artikel ini

Kepala Dinas TPHPKP Ir Fajar MMA saat membuka kegiayan sosialisasi

KABAR-SATU,SOPPENG —- Dinas Tanaman Pangan Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (TPHPKP) Kabupaten Soppeng melaksankaan sosialisasi budi daya tanaman porang di ruang pertemuan BPP Kecamatan Lalabata Mallanroe, Sabtu (10/10/2020).

Kepala Dinas TPHPKP Fajar mengatakan, dibeberapa tempat di soppeng, tanaman porang sudah mulai dibudidayakan. Namun, yang diyakini petani sebagai jenis tanaman porang yang lagi trend, ternyata bukan jenis yang dimaksud.

“Alhamdulillah dengan sosialisasi ini ternyata petani baru tahu dan mengenal tanaman porang yang sebenarnya. Petani juga tahu ciri bibit yang baik, kapan waktu yang baik membeli bibit serta tahu cara budidayanya,”jelasnya.

Ia menyebutkan, tujuan dilaksanakanya sosialisasi tersebut, untuk memperkenalkan tanaman porang kepada peserta. Serta, memberikan pengetahuan tentang teknik budidaya tanaman porang, sehingga nanti dapat memberikan keuntungan yang besar kepada petani.

“Narasumbernya sengaja kami datangkan dari dusun Klangon kabupaten Madiun dimana daerah ini merupakan penghasil porang dan pelaku usaha dan bisnis porang yang telah berhasil, ” terangnya.

Ia menambahkan, Budidaya porang memerlukan modal besar, pihaknya Sengaja menghadirkan pihak BRI sebagai narasumber, untuk memaparkan kebijakan kredit perbankan di sektor pertanian.

Ternyata banyak jenis pembiayaan yang bisa diakses oleh petani untuk mendukung biaya usahataninya misalnya kredit mikro, kredit supermikro dan lain lain,”paparnya.
Sekedar diketahui, sebanyak 150 orang peserta yang mengikuti kegiatan tersebut dimana terdiri dari Kepala Desa, lurah potensi tanaman porang, Koordinator BPP dan PPL, Kelompok tani calon penerima bantuan, kelompok tani yang sudah mengembangkan tanaman porang (existing), KTNA kabupaten dan kecamatan.(Hen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page