Metro

Arfan Fadillah : Mari Bersama Selamatkan Bumi Dari Perubahan Iklim

31
×

Arfan Fadillah : Mari Bersama Selamatkan Bumi Dari Perubahan Iklim

Sebarkan artikel ini

Arfan Fadillah menggunakan baju motif ecoprint

KABAR-SATU,SOPPENG — Arfan Fadillah Siswa SMAN 5 Soppeng, mengajak seluruh masyarakat Indonesia, khususnya yang ada di kabupaten Soppeng, untuk bersama merawat Bumi dari perubaham iklim yang terjadi saat sekarang ini.

Menurut mantan Duta wista Tahun 2019 ini, perubahan iklim merupakan suatu persoalan nyata di indonesia. Dimana katanya, perubahan iklim adalah perubahan jangaka panjang dalam distribusi pola cuaca, terhadap suhu bumi secara menyeluruh, dengan dampak yang besar dan terjadi secara berkepanjangan.

Remaja cerdas yang pernah mengikuti digital jambore anak dan remaja Indonesia di Magelang tersebut menyebutkan, Ilmuan berhasil membuktikan, bahwa peristiwa tersebut tidak sepenuhnya terjadi karena peristiwa alam, disetujui juga diakibatkan oleh aktivitas manusia.

“Perubahan iklim ini juga disebabkan beberapa kegiatan manusia yang menyebabkan gas rumah kaca berlebih. Seperti, pembakaran bahan bakar fosil, peternakan, penggundulan hutan, limbah dan polusi,”kata lelaki ber postur tinggi ini yang pernah masuk 30 besar Creator muda Academy 2019 lalu saat di temui, Minggu (1/3/2020).

Menurut juara berbakat harapan tiga dalam lomba Fashion Show Ecoprint itu, Bumi mengalami kenaikan hingga 1,5 hingga 8,6 derajat Farenheit dalam periode 100 tahun mendatang.

Dimana sambung lelaki yang pernah ikut serta dalam Xl Axianta Youth Leadership ini, Hewan dan tumbuhan sulit beradaptasi dengan kondisi seperti itu.

“Jika satu spesies punah maka akan berdampak pada rantai makanan. Tidak ada populasi hewan dan tumbuhan, maka tidak ada pula kehidupan manusia,”jelas siswa kelas XI.MIPA.4 ini.

Untuk mengantisipasi berubahan iklim tersebut, anak pasangan Amiruddin dengan Susialma ini, mengajak seluruh masyarakat Indonesia terkhusus warga soppeng, untuk mengurangi pemanasan global yang dimilai dari hal kecil, dengan mengelelolah sampah dengan cara menggunakan kembali (Reuse), daur ulang (Recycle) dan mengubah penggunaan (Reduce).

“Mematikan alat elektronik saat sedang tidak dipakai, Melakukan reboisasi, Mengurangi penggunaan kendaraan pribadi Serta sebarkan pengetahuan dan
kepedulian terhadap perubahan iklim,”jelasnya.

“Bumi adalah rumah kita, meski kita adalah masalahnya,namun kita juga dapat menjadi solusinya. Ayo bersama-sama selamatkan bumi dari dampak perubahan iklim, karena langkah kecil kita dapat menyelamatkan bumi tercinta. LET’S ECO NO EGO.,”tambahnya. (Hr)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page