Daerah

Tujuh Fakta Penyalahgunaan Narkoba di Soppeng

11
×

Tujuh Fakta Penyalahgunaan Narkoba di Soppeng

Sebarkan artikel ini

Int

KABAR-SATU, SOPPENG – Kabupaten Soppeng seolah menjadi “Destinasi” baru dalam peredaran narkoba, hal ini terbukti dengan banyaknya kasus narkoba yang tercatat berhasil diungkap oleh Satnarkoba Polres Soppeng.

Sejumlah fakta pun diungkapkan oleh Kasat Narkoba Polres Soppeng, Iptu Bambang Supriady terkait Penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Soppeng selama tahun 2019, berikut tujuh diantaranya :

(1) Jumlah Kasus dan Tersangka

Hingga 3 Oktober 2019, Sebanyak 26 kasus tercacat berhasil diungkap oleh Satnarkoba Polres Soppeng, dari kasus ini sebanyak 51 orang ditetapkan sebagai tersangka, tiga diantaranya adalah wanita.

(2) Tersangka Banyak, Barang Bukti Sedikit

Meskipun berhasil menjaring 51 Tersangka, namun barang bukti narkoba yang diamankan ternyata masih tergolong sedikit menurut Kasatnarkoba Polres Soppeng, Iptu Bambang Supriady.

Terbanyak jumlah barang bukti narkoba yang diamankan dalam satu kasus adalah 2 gram, sementara sisanya hanya dibawah angka 0,…

(3) Asal Pasokan Narkoba

Menurut Iptu Bambang Supriady, kebanyakan pemakai narkoba di Kabupaten Soppeng yang ditangkap adalah warga soppeng yang pernah menetap di kabupaten Sidrap dan telah memakai narkoba sebelum akhirnya pulang kampung ke soppeng dan terus menjadi pemakai.

(4) Tak Ada Bandar, Hanya Pemakai

Sejauh ini tersangka penyalahgunaan narkoba yang ditangkap oleh Satnarkoba Polres Soppeng seluruhnya berstatus sebagai pemakai dan belum ada yang berstatus sebagai pengedar apalagi bandar.

“Tersangka yang kami tangkap semuanya adalah Pemakai” ungkap Kasatnarkoba Polres Soppeng.

(5) Pemakai Narkoba Didominasi oleh Pengganguran

Dari 51 Tersangka narkoba yang berhasil diamankan, pengganguran atau mereka yang belum memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap ternyata mendominasi, selebihnya mengaku bekerja sebagai wiraswasta.

(6) Sosialisasi Terus Dilakukan

Sosialisasi terkait pencegahan narkoba terus dilakukan oleh Satnarkoba Polres Soppeng bekerjasama dengan instansi terkait Pemkab Soppeng, Sekolah dan Desa menjadi sasaran dalam sosialisasi ini.

(7) Pelajar Soppeng masih bersih dari Narkoba

Belum ada kasus narkoba yang melibatkan pelajar di Soppeng selama tahun 2019, hal inipun disyukuri oleh Kasatnarkoba Polres Soppeng dan mengganggap orang tua masih mawas diri dan partisipasi guru dalam upaya pencegahan narkoba masih sangat baik. (id)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page