Daerah

Sekda Takalar Sosialisasi Transformasi UPK Eks PNPM Jadi BUMDESMA

12
×

Sekda Takalar Sosialisasi Transformasi UPK Eks PNPM Jadi BUMDESMA

Sebarkan artikel ini

Foto (dok)

KABAR-SATU,TAKALAR – Sekda Takalar, Muhammad Hasbi mewakili Pj Bupati Takalar membuka sosialisasi teknis transformasi UPK Eks PNPM menjadi Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDESMA), di Ruang Pola Kantor Bupati Takalar, Senin (20/5/2024).
Acara ini dihadiri seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Takalar, camat, kades, ketua BP.UPK, BPD dan BKAD.

Dalam laporannya, Kadis Sosial dan PMD Kabupaten Takalar, Andi Rijal Mustamin mengatakan, bahwa lima kecamatan terlibat dalam kegiatan ini atas dasar evaluasi dari Inspektorat Kabupaten Takalar. Yaitu, Kecamatan Polongbangkeng Utara (Polut), Polongbangkeng Selatan (Polsel), Sanrobone, Mappakasunggu dan Kecamatan Tanakeke.

“Keputusan ini didasarkan pada UPK yang dianggap tidak memiliki keterlibatan aktif di lapangan, meskipun beberapa diantaranya memiliki tunggakan yang dianggap wajar. Harapannya, pembentukan BUMDESMA di kecamatan ini menjadi tonggak awal bagi pembentukan BUMDESMA reguler di wilayah pesisir dan pegunungan. Acara ini juga merupakan kelanjutan dari sosialisasi sebelumnya,” ujarnya.

Sementara itu, Sekda Takalar, menyatakan pentingnya ilmu dan tindakan positif dalam mewujudkan tujuan sosialisasi ini. Bentuk Teknis Transformasi UPK Eks PNPM menjadi BUMDESMA ini merupakan strategi pemerintah daerah untuk menguatkan badan usaha di tingkat desa.

“Dengan kehadiran BUMDESMA di setiap desa, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal, keberadaan BUMDESMA akan memperkuat struktur ekonomi di tingkat desa, memungkinkan masyarakat untuk memiliki akses lebih besar terhadap sumber daya dan peluang ekonomi yang ada,” harapnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page