Daerah

Sekda Takalar Irup Peringatan Hari Kebangkitan Nasional

1
×

Sekda Takalar Irup Peringatan Hari Kebangkitan Nasional

Sebarkan artikel ini

Foto (dok)

KABAR-SATU,TAKALAR – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Takalar, Muh. Hasbi mewakili Pj Bupati Takalar bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) peringatan 116 tahun Hari Kebangkitan Nasional 2024, di Lapangan Upacara Kantor Bupati Takalar, Senin (20/5/2024).

Hasbi dalam membacakan sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Budi Arie Setiadi mengatakan, bahwa lebih dari seabad lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908 lahir Organisasi Boedi Oetomo yang dimasa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan indonesia. Hari berdirinya Boedi Utomo inilah yang kelak menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional yang dirayakan hari ini.

“Boedi Utomo menjadi awal mula tempat orang belajar dan berdebat tentang banyak hal seperti pentingnya pendidikan barat bagi rakyat hindia belanda serta penyebaran pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang priyai atau bukan. Dari sana timbul pula pemikiran tentang pentingnya memperluas keanggotaan yang mencakup seluruh rakyat Hindia Belanda,” ujarnya.

Sekda menambahkan, sebelum Boedi Utomo adalah Kartini. Perempuan dari kota kecil jepara yang mengawali lahirnya gagasan kemerdekaan, kebebasan, kesetaraan, keadilan, persaudaraan dan kemajuan melalui tulisan-tulisannya yang tersiar ke penjuru dunia.

“Apa yang digagas Boedi Utomo, Kartini dan para embrio bangsa kemudian dirumuskan Bung Karno sebagai “Jembatan Emas”. Kemerdekaan dibayangkan Bung Karno sebagai sebuah “Jembatan Emas” yang akan membawa bangsa indonesia menikmati kehidupan sejahtera lahir dan batin diatas tanah sendiri,” pungkasnya.(*)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *