Daerah

Musim Kemarau, Bendungan Langkemme dan Tinco Mulai Tak Efektif

91
×

Musim Kemarau, Bendungan Langkemme dan Tinco Mulai Tak Efektif

Sebarkan artikel ini

Int

KABAR-SATU, SOPPENG – Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (TPHPKP) Kabupaten Soppeng, Ir.Fajar menilai perbaikan pola tanam secara menyeluruh diperlukan untuk meminimalkan dampak kekeringan kedepannya.

Pasalnya menurut Fajar, saat memasuki musim kemarau, sejumlah bendungan utama di soppeng sudah tidak mampu lagi mengairi keseluruhan areal persawahan atau pertanaman karena debit air yang juga semakin berkurang.

“Sampai hari ini, tanaman padi yang puso sudah mencapai 1.500 ha dan diperkirakan semakin bertambah mengingat debit air dibeberapa bendung utama semakin berkurang”

“Contoh bendungan di Langkemme, debit airnya tinggal 1 meter kubik perdetik, artinya hanya efektif mengairi 1.000 ha sementara areal yang mau diselamatkan masih banyak, Begitu juga dengan Bendung Tinco, saat ini debitnya hanya sekitar 200 liter perdetik yang artinya hanya mampu mengairi kurang lebih 200 ha, sementara areal pertanaman di Daerah Irigasi tersebut berkisar 2.500 ha” tutur fajar, Sabtu (17/8/2019). (id)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page