Pesta Pattaungeng di Tengah Pandemi, Bupati Soppeng : Simbol Kebersamaan

by -267 views

Foto Humas Pemda

KABAR-SATU, SOPPENG —- Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak menghadiri acara Pesta Adat Pattaungeng Masyarakat Tinco, Kelurahan Ompo, Kecamatan Lalabata, Kamis (23/9/2021).

“Meski masih berada dalam situasi dan kondisi pandemi Covid-19, keberadaan kita di tempat ini merupakan salah satu simbol kebersamaan masyarakat Soppeng” ujar Kaswadi.

Keberadaan masyarakat yang mengikuti Pesta Adat Pattaungeng menurut kaswadi adalah salah satu cara kesyukuran yang dibingkai dengan acara musyawarah, dimana biasanya kelompok tani dan tokoh adat berkumpul untuk membicarakan banyak hal dalam acara ini.

“Saya harapkan hal ini sering dan selalu kita lakukan, karena budaya mengajarkan kita tentang kebaikan dan kehidupan untuk saling menghargai baik sesama manusia dan alam” kata Kaswadi.

Dalam Pesta Adat Petttaungen, dilakukan sejumlah kegiatan diantaranya mappadendang dengan tabuhan alat tradisional seperti gong dan gendang dengan diiringi tarian Mallangi Arajang. Serta pemotongan satu kerbau sebagai wujud rasa syukur. (**)