Hebat… ! Soppeng Satu satunya Raih Penghargaan KLA Tingkat Madya

by -18 views

Foto (ist)

KABAR-SATU,SOPPENG — Setelah meraih penghargaan peringkat Pratama selama 3 kali berturut turut , kini kabupaten Soppeng kembali mengukir prestasi.

Kali ini, penghargaan Kabupaten layak anak tingkat Madya di sabet Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) .

Kadis DP3APPKB Andi Husniati mengatakan, Kenaikan predikat dari Pratama ke Madya didongkrak dengan adanya Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD), Perlindungan Perempuan dan Anak ( UPTD PPA).

Selain itu, menurut Wanita berhijab ini, Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA), salah satu indikator diraihnya penghargaan ituz serta jumlah Sekolah Ramah Anak (SRA) yang semakin meningkat.

“Kami harap ke depan mendapatkan dukungan dari semua anggota Gugus Tugas KLA, baik dalam hal pembinaan, pengembangan kelembagaan, dan regulasi sehingga lebih dapat meningkatkan predikat KLA yang di terima,”katanya.

Menurutnya, 5 kalaster dari 26 Indikator hak anak dapat dipenuhi dengan kolaborasi OPD terkait, dunia usaha, LSM, swasta, dan masyarakat.

Ia menyebut, Kenaikan tersebut turut didukung beberapa program dan keseriusan Pemerintah dalam mendukung terwujudnya KLA , seperti terbangunnya fasilitas umum bermain anak dan perlindungan atas hak anak.

‘Kabupaten soppeng salah satunya dari Kabupaten/Kota se-Indonesia yang meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA) peringkat Madya,”ujarnya memuji.

Sementara, Bupati Soppeng, H.A.Kaswadi Razak menyebut, dengan adanya penghargaan itu, kita harus memiliki komitmen dalam menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan anak di Bumi La temmamala.

“saya meminta kepada para OPD Lingkungan Pemerintah Kabupaten Soppeng dapat memperhatikan hak anak secara khusus,”harapnya.

Kaswadi mengakui, Penghargaan Kota Layak Anak ini, hasil kerja keras seluruh pihak. sehingga mendapatkan predikat madya,

Selanjutnya sambung dia, menjadi PR Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana agar Tahun depan bisa naik ke KLA Nindya.

” penghargaan tersebut harus jadi motivasi agar ke depan bisa naik tingkat ke KLA Nindya,”tutupnya.

Sekedar diketahui, Penghargaan di terima pada Kamis Kemarin di Kementrian Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak RI, diserahkan Asisten Deputi Bidang Pemenuhan Hak Sipil, Informasi dan Partisipasi Anak Endah Sri Rejeki, yang diterima oleh Kabid P2A.l Kartini mewakili Kepala DP3APPKB. (Hen)