UMKM Binaan Bank Sulselbar di Harap Jadi Pilot Projeck

by -92 views

Foto (ist)

KABAR-SATU,SOPPENG — PT. Bank Sulselbar Cabang Soppeng melakukan peninjauan klaste UMKM di “kampung sabbetan”,Desa Donri donri,Kecamatan Donri donri, Selasa (9/8/2022).

Plt. Direktur Utama PT. Bank Sulselbar, Yulis Suandi mengatakan, dari 33 pemegang saham di bank sulselbar, Kabupaten Soppeng merupakan urutan ke-5 terbesar pemegang saham.

“saya sendiri tidak ragu menunjukkan bank sulselbar ini sebagai tuan rumah di Kabupaten Soppeng,”katanya.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan tersebut, klaster UMKM binaan Bank Sulselbar di Soppeng, bisa menjadi percontohan di Kabupaten/Kota.

“kita ketahui bahwa Soppeng ini adalah penghasil sutera dan ecoprint yang belum ada di daerah lain,’Pungkasnya.

Kepala Otoritas jasa Keuangan (OJK) Regional 6 Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulampua) Darwisman menyebutkan, OJK tmengambil langkah strategis untuk mendorong perkembangan UMKM. Di antaranya, melakukan upaya untuk mempercepat akses UMKM, khususnya sektor unggulan seperti sektor pertanian, agrobisnis, perikanan, industri kreatif dan sektor ekonomi lain, yang tentunya akan dorong dan maksimalkan pembiayaannya melalui KUR (kredit usaha rakyat.

“dengan model klaster ini dapat lebih menjamin keberlangsungan usaha serta memperkecil resiko-resiko usaha sehingga Bank akan semakin yakin untuk menyalurkan kredit,”katanya.

Sementara Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak mengakui, Produk UMKM semua yang ada menggunakan produk ecoprint, maka hal ini bisa sampai membumi,. Pasalnya, dalam produksi ecoprint, tidak ada motif yang sama, karena daun yang di gunakan memang berbeda-beda. untuk kainnya sendiri ada 2 jenis, ada yang kain sutra asli dan ada yang menggunakan kain katun.

“Semoga para perbankkan bisa konsisten dan komitmen. Kita sepakat menjalankan program masing-masing, pemerintah daerah siap mendukung dan jika ada kendala atau masalah mari kita diskusikan untuk mencari jalan keluarnya bersama-sama,”tutupnya. (**)