Daerah

Sebelas Desa di Soppeng Masuk Kategori Rawan Pangan

10
×

Sebelas Desa di Soppeng Masuk Kategori Rawan Pangan

Sebarkan artikel ini

Kadis TPHPKP Soppeng, Ir.Fajar

KABAR-SATU, SOPPENG – Dinas Tanaman Pangan, Holtikuktura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (TPHPKP) Kabupaten Soppeng melaksanakan Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan, di Ruang Pola Kantor Bupati Soppeng, Jalan Salotungo Watansoppeng, Sabtu (30/11/2019).

Rapat ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan senergitas strategi dan instrumen Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Soppeng sebagai bagian ketahanan pangan nasional.

Kepala Dinas TPHPKP Soppeng, Ir.Fajar menyebut dalam rapat koordinasi ini ditemukan fakta bahwa sebelas desa di Kabupaten Soppeng masuk dalam kategori Desa Rawan Pangan.

Dua Desa masuk kategori Sangat Rawan, Empat Desa masuk Kategori Rawan, dan Lima Desa masuk Kategori Sedikit Rawan.

“Indikator Desa Rawan Pangan ini ada tiga, yaitu rasio jumlah akses air bersih terhadap jumlah penduduk, rasio tenaga kesehatan dengan kepadatan penduduk, dan rasio luas lahan baku sawah terhadap luas wilayah” tutur Fajar.

Sejumlah langkah kongkrit untuk mengatasi masalah rawan pangan di kabupaten Soppeng pun sudah di rumuskan dan tinggal menunggu tindak lanjut dari stakeholder yang terlibat.

“Sudah ada beberapa keputusan yang akan ditindaklanjuti, salah satunya menetapkan ranperda perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan supaya ketersedian pangan terus terjamin” tandas Fajar. (id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page