Daerah

Pesta Adat Desa Paroto Berlangsung Meriah

46
×

Pesta Adat Desa Paroto Berlangsung Meriah

Sebarkan artikel ini

Tari paddupa membuka acara pesta adat

KABAR-SATU, SOPPENG —- Desa Paroto, Kecamatan Lilirilau, Kabupaten Soppeng Menggelar pesta adat, Kamis (24/10/2019).

Makmur kepala Desa (kades) Paroto. mengatakan, acara pesta adat mattojang serta mappadendang tersebut, setiap tahunya di gelar, dimana di lakukan secara bertahap.

Kata dia, untuk tahun pertama pesta adat dilaksanakan hanya matojang serta mappadendang.

Ia menjelaskan, pada tahun kedua nanti akan diadakan pemotongan kuda serta pada tahun ketiga akan ada pemotongan kerbau, dimana merupakan acara puncak pattaungeng, serta di tampilkan beberapa permainan tradisional.

Menurutnya, pada acara puncak pattaungeng nantinya, semua warga paroto yang ada di luar daerah, di undang untuk hadir memyaksikan kegiatan yang sudah turun temurun di laksanakan ini.

“Tujuan acara ini sendiri untuk memper erat tali silaturahmi, serta memupuk warisan nenek moyang yang sudah lama di lakukan,”terangnya.

Sementara kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Azis makmur yang membuka langsung kegiatan itu mengharapkan, agar acara seperti yang dilaksanakan tersebut dapat di lestarikan dan di jaga.

Serta kata dia, apa yang dilaksanakan saat ini dapat di ambil hikmahnya serta harus di tanamkan pada diri anak anak tang bernilai positif.
semua jenis permainan tradisional sekiranya bisa di jaga dan di.pelihara dengan baik.,”ujarnya.

Sebelumnya, tarian paddupa dengan penari binaan desa paroto, dimana di padukan dengan musik tradisional, membuka acara tersebut dengan meriah. (**)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *