Lapas Kelas IIB Takalar Diduga Kenakan Biaya Penitipan kepada Keluarga Warga Binaan

by -163 views

Ilustrasi

KABAR-SATU,TAKALAR — Dugaan Pungutan Liar (Pungli) kembali marak terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Kabupaten Takalar.

Kali ini, modus yang digunakan oknum pegawai Lapas Klas IIB Takalar untuk melancarkan aksi Punglinya, dengan memungut biaya penitipan kepada keluarga warga binaan yang menitipkan makanan maupun kebutuhan lainnya.

“Setiap kali kami bawa makanan untuk keluarga kami yang di tahan di dalam (Lapas), kami selalu dimintai uang oleh petugas penjagaan dengan alasan untuk biaya penitipan makanan,” ungkap salah seorang keluarga warga binaan Lapas Kelas IIB Takalar yang minta dirahasiakan identitasnya, Sabtu (23/7/2022).

“Pokoknya setiap kali kita menitipkan makanan, pasti dimintai uang. Besarannya bervariasi, mulai Rp50 ribu sampai Rp100 ribu,” bebernya menambahkan.

Sementara itu, Kepala Kesatuan Pengamanan (KP) Lapas Klas IIB Takalar, Anwar yang dikonfirmasi, Sabtu (23/7/2022), belum memberikan respon terkait dugaan Pungli tersebut. Bahkan, pesan singkat Whatsapp (WA) yang dikirimkan, hanya dibaca tanpa dibalas.(rif)