Di Pelatihan Kewirausahaan, Bupati Wajo Buka-bukaan Terkait Anggaran Bantuan UMKM

by -234 views

Foto Humas Pemda Wajo

KABAR-SATU,WAJO —- Bupati Wajo, Amran Mahmud, menghadiri pembukaan pelatihan manajemen kewirausahaan, yang digelar Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Perindagkop UKM) Kabupaten Wajo di salah satu Hotel, Rabu (13/10/2021).

Pelatihan berlangsung selama dua hari, 13-14 Oktober dan menghadirkan pemateri dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan.

“Pelatihan ini bertujuan untuk membekali entrepreneur atau wirausaha kita, untuk bisa lebih berkembang serta lebih bertambah wawasan dan pengalaman dalam berwirausaha ditengah pandemi covid-19” ucap Amran Mahmud.

Ia juga menyampaikan, tahun ini Pemerintah Kabupaten Wajo telah mengucurkan anggaran Rp500 juta untuk memberdayakan pelaku UMKM melalui Anggaran Pendapatan dan Belanda Daerah (APBD) 2021.

“Beberapa bantuan juga sudah kita upayakan melalui Kementerian Koperasi dan UKM RI. Untuk tahun 2021 ini sekitar 16 ribu usaha mikro kecil dan menengah mendapatkan bantuan yang dikirim langsung ke rekening masing-masing. Saya minta kepada Dinas Perindagkop Wajo untuk terus memantau dan membina pengembangan UMKM kita,” katanya.

Sementara, Kepala Bidang UKM Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Zainuddin menyebutkan, saat ini pemerintah terus berupaya untuk membantu mendukung pengembangan UMKM di tengah Pandemi.

“Bentuk dukungan itu misalnya melalui fasilitasi pendidikan dan pelatihan seperti hari ini, dan kemudahan perizinan. Selain itu, untuk fasilitasi pemasaran, kita juga sudah siapkan Gedung Galeri UMKM baik di Makassar maupun di Jakarta,” ucapnya. (Tbr/Hen)