Pendidikan & Budaya

SDN 133 Takalala Merajut Tradisi Lokal dalam Program P5

50
×

SDN 133 Takalala Merajut Tradisi Lokal dalam Program P5

Sebarkan artikel ini

Foto (dok)

KABAR-SATU,SOPPENG — Sekolah Dasar Negeri (SDN) 133 Takalala mengambil langkah progresif dalam sistem pendidikan dengan melaksanakan Proyek P5.

Proyek yang dilaksanakan beberapa waktu lalu  ini merupakan bagian dari kurikulum merdeka yang bertujuan untuk mengembangkan pendidikan karakter yang kuat dengan fokus pada nilai-nilai Pancasila.

Kepala SDN 133, Ridwan, menjelaskan, dalam Proyek P5 ini, para siswa diajak untuk memahami dan menghargai nilai-nilai budaya dan kearifan lokal. 

Kata dia, Salah satu sub tema yang diangkat adalah “Mappenre Botting”, yang melibatkan tradisi pernikahan adat di Sulawesi Selatan, khususnya di kabupaten Soppeng. 

“Mulai dari prosesi mengantar calon mempelai pria dengan segala upacara tradisionalnya, hingga tiba di tempat mempelai wanita yang disambut dengan tarian padduppa,”pungkasnya. Senin (3/6/2024)

Ridwan menuturkan, kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi antara orang tua siswa dengan pihak sekolah, sebagai upaya untuk melibatkan orang tua dalam kegiatan sekolah. 

“Guru-guru juga turut terlibat dalam memberikan bimbingan dan pendampingan kepada siswa mulai dari kelas 1 hingga kelas 6.,’tuturnya 

“dengan adanya kegiatan ini kami berharap dapat memperkaya pengalaman belajar siswa serta memperkuat hubungan antara sekolah, siswa, dan orang tua,”tambahnya 

Hen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page