Pendidikan & Budaya

Duta wisata 2019 : Selamat Hari Jadi Soppeng Ke 759 Tahun

51
×

Duta wisata 2019 : Selamat Hari Jadi Soppeng Ke 759 Tahun

Sebarkan artikel ini

Arfan fadillah siswa SMAN 5 Soppeng

KABAR-SATU,SOPPENG — Duta wisata Tahun 2019 Arfan fadillah mengucapkan selamat Hari jadi Kabupaten soppeng ke 759. 23 maret 1261.

Di hari jadi soppeng ini kata dia, merupakan hari yang bersejarah bagi bumi Latemmamala.

Menurutnya, tepat 759 Tahun Manurungge Ri Sekkanyili dilantik menjadi raja pertama Soppeng.

Diakuinya, asal mula nama Soppeng pakar dan budayawan belum ada kesepakatan, bahwa dalam sastra bugis tertua I LAGALIGO telah tertulis nama kerajaan Soppeng yang berbunyi :

IYYANAE SURE PUADA ADAENGNGI TANAE RI SOPPENG, NAWALAINNA SEWO-GATTARRENG, NONI MABBANUA TAUWE RI SOPPENG, NAIYYA TAU SEWOE IYANARO RI YASENG TAU SOPPENG RIAJA, IYYA TAU GATTARENGNGE IYANARO RIASENG TAU SOPPENG RILAU.

Jadi menurutnya, Berdasarkan naskah lontara tersebut diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa penduduk tanah Soppeng mulanya datang dari dua tempat yaitu sewo dan Gattareng,”katanya.

“Hari ini adalah hari yang bahagia bagimu, dan hari yang bahagia bagi seluruh wargamu. Tepat hari ini bertambah 1 tahun usiamu, bertambah dewasalah dirimu. Selamat ulang kabupatenku yang tercinta. Selamat Hari Jadi Soppeng ke 759. Semoga terhindar dari segala hal yang dapat menghambat pembangunan dan teruslah tumbuh, tuk bisa mendunia, teruslah berkembang, demi kemajuan Indonesia Raya,,”terang anak pasangan Amiruddin dan Susialma ini.

“juga sehat selalu Bapak Bupati Andi Kaswadi dan Ibu Hj. Nurjannah Kaswadi,”tambahnya (Hr)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page