24 komunitas pencinta pusaka hadiri pameran.

by -900 views

Pencinta pusaka hadiri pameran di Pinrang. Jum,at (10/8/2018).

KABAR-SATU, Pinrang — Meriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 73 Tahun, Komunitas pusaka Bumi Lasinrang, Pinrang, Sulawesi selatan, mengadakan Pameran Pusaka.

Acara yang bertemakan, Dengan menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 73, mari bersama-sama melestarikan pusaka sebagai budaya kearifan lokal, di gelar di Gedung Dharma wanita, berlangsung dari tanggal 10 hingga 12 Agustus 2018 mendatang.

Ketua Panitia Andi Pallawagau kerrang mengatakan, pameran tersebut diikuti 24 komunitas pencinta pusaka dari berbagi Daerah yang ada di Sulawesi selatan, dengan menghadirkan 1027 bilah.

Sementara kata dia, untuk Pusaka Bumi Lasinrang sendiri selaku tuan rumah, menampilkan lebih 500 bilah.

” acara ini sekaligus dirangkaikan dengan melantik pengurus Pusaka Bumi Lasinrang, serta membacakan sejarah perjuangan La Sinrang menghadapi penjajahan Belanda.”tutur Andi Pallawagau.

Andi Pallawagau menyebutkan acara itu, membangkitkan kembali kisah heroik, Petta Lasinrang sebagai simbol kepahlawanan bagi generasi.

Ia berharap partisipasi Pemerintah setempat, agar lebih memperhatikan budaya ,khususnya membuatkan rumah adat untuk Petta Lasinrang.

“kegiatan ini juga menampilkan teater sigajang laleng lipa’ dan tari empat etnis sulawesi selatan.”tutupnya.

Riko setiawan.