Metro

Kaswadi : Melestarikan Budaya penting di jaga

14
×

Kaswadi : Melestarikan Budaya penting di jaga

Sebarkan artikel ini

Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak, membuka acara Pesta rakyat di Desa Soga. Sabtu (13/10/2018).

KABAR-SATU,SOPPENG —- Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak, membuka secara langsung, pesta rakyat yang di laksanakan di lapangan Abd Azis, Desa Soga, Kecamatan Marioriwawo, Kabupaten Soppeng, Sabtu (13/10/2018).

Andi Kaswadi mengatakan, Pesta rakyat yang di laksanakan, merupakan suatu wada, mengapresiasi suatu keberhasilan. serta, cara mempertemukan masyarakat dengan pemerintah.

Menurut Kaswadi, melestarikan budaya yang di miliki, penting di jaga, demi berkesinambunganya ke depan.

“budaya yang diwariskan oleh leluhur kita, semua punya manfaat dan tujuan.”katanya.

Sementara Kepala Desa (Kades) Soga, Budirman Azis mengatakan, Pesta rakyat yang baru pertama kali dilaksanakan tersebut, mengambil tema Mapparewe sumange, yang merupakan perwujudan rasa syukur, dari masyarakat Soga, atas segala hasil pembangunan, serta rasa syukur warga dimana menerima janji yang telah di tepati.

kata dia, pesta rakyat juga menjadi ajang sikaturahmi rumpun warga Desa Soga.

melalui dana ADD dan DD sejumlah bangunan fisik saat ini sudah di nikmati,terutama pembangunan di bidang kesehatan, perbaikan saluran air bersih, sarana dan prasarana,serta beberapa pembangunan telah dilaksanakan,”ujarnya.

Budirman Azis menyebutkan, berkat dukungan Pemerinta daerah, Desa Soga telah meraih beberapa prestasi diantaranya, harapan lll lomba Desa tingkat Peovinsi pada Tahun 2012. Selain itu, Desa Soga juga pernah meraih juara l lomba Wana lestari, tingkat Provinsi, Kategori Desa peduli kehutanan pada Tahun 2013.

Desa Soga juga pernah juara 1 Karang taruna berprestasi, tingkat Nasional pada tahun 2013, Dimana pada masa itu, karang taruna kabupaten di pimpin Kaswadi razak,”ujarnya.

Sekedar di ketahui, pesta rakyat yang di gelar, melaksanakan kegiatan diantaranya, Massallo, Pencat silat, Mallogo, Maccungkilang, Maggasing, mabola batu, makkadaro, magalanto, majjeka, mattaru, maggalenceng, majjipe, sere api, bara sanji, mattojang,oni oni toriolo, maddaga serta mabbujang omi,”tutupnya. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page