Metro

Kabupaten Soppeng Sabet Adipura 2024

91
×

Kabupaten Soppeng Sabet Adipura 2024

Sebarkan artikel ini

Kepala Dinas Lingkungan hidup kabupaten. Soppeng Aryadin Arif.S.TP.M.Si Foto (ist)

KABAR-SATU,SOPPENG — Pemerintah Kabupaten Soppeng di bawah kepemimpinan Bupati HA Kaswadi Razak kembali menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan Adipura. Penghargaan ini sangat dinantikan setelah terakhir kali diraih pada tahun 2019.

Piala Adipura untuk Kabupaten Soppeng akan diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, kepada Wakil Bupati Soppeng Lutfi Halide di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, pada Selasa (5/03/2024).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Soppeng, Aryadin, mengungkapkan, keberhasilan Kabupaten Soppeng dalam meraih kembali Piala Adipura tidak terlepas dari kolaborasi dan partisipasi organisasi perangkat daerah, penggiat dan pemerhati lingkungan, unsur Forkopimda, tokoh masyarakat, pemuda, dan organisasi lainnya.

Menurutnya, selain optimalisasi kebersihan di ruang publik dan sekitar pemukiman, kunci keberhasilan tersebut juga ada pada sistem pemilahan sampah dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang dikelola secara maksimal.

“Tantangan yang sangat luar biasa adalah masalah sampah yang menggunung di TPA dengan volume sampah mencapai 60 ton setiap harinya. Namun, kami berhasil menyusun tata kelola sehingga hanya 25 persen dari luasan TPA yang terlihat.”Pungkasnya.

Dikatakannya, dengan upaya dan kerja keras yang dilakukan, skor penilaian Kabupaten Soppeng meningkat drastis dari 45 poin menjadi 74,16. Meskipun masih menggunakan teknologi sederhana, prestasi ini hampir mencapai standar nasional.

Aryadin beserta kepala Bidang Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Soppeng berangkat ke Jakarta untuk mendampingi Wakil Bupati Soppeng dalam menerima Piala Adipura. Setelah itu, penghargaan ini akan diarak keliling di delapan kecamatan Kabupaten Soppeng, menandai keberhasilan dalam menjaga kebersihan dan lingkungan.

**




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page