Metro

Hebat, Desa Marioritenggnga Raih Anugrah Saoraja AMPL 2018

4
×

Hebat, Desa Marioritenggnga Raih Anugrah Saoraja AMPL 2018

Sebarkan artikel ini

Kades Marioritenggnga Andi Samsul Bahri saat berfoto bersama dengan staf desa dan Bappelitbangda. Rabu (10/10/2018)

KABAR-SATU,Soppeng — Desa Marioritenggnga, Kecamatan Marioriwawo, Kabupaten Soppeng, meraih penghargaan, nominasi Anugrah Saoraja, Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Award 2018, sebagai kategori Pemerintah Desa.

Penghargaan tersebut di berikan langsung oleh kelompok kerja AMPL Provinsi Sulawesi selatan.

Asri samsu dari Bappelitbangda soppeng mengatakan, penghargaan tersebut, di berikan kepada Desa Marioritenggnga dikarenakan, dari seluruh Desa yang ada di Kabupaten Soppeng, Marioritenggnga di nilai komitmen, dalam peningkatan layanan sanitasi, khusunya jamban keluarga.

Selain itu kata dia, Pemerintah Desa Marioritenggnga menujukkan komitmenya, melalui peraturan Desa tentang jamban tahun 2015, yang diterapkan kepada masyarakat, terbilang sukses.

“desa Marioritenggnga mewakili kabupaten Soppeng, dan masuk nominasi dari 4 desa yang ada di Sulawesi selatan.”katanya Rabu (10/10/2018)

Sementara kepala Desa Marioritenggnga Andi Samsul Bahri mengatakan, apa yang di raihnya saat ini, bukanlah hal yang muda. Namun, penuh dengan perjuangan.

Apalagi kata dia, dalam pembuatan peratun desa (perdes) tentang jamban, tak semua masyarakat dapat menerimanya dengan positif. Akan tetapi dengan bantuan seluruh yang terlibat, khususnya masyakat Marioritenggnga hal ini dapat terlaksana dan mendapat penghargaan.

ini bukankankah hal yang muda, tapi berkat kerja sama seluruh lapisan masyarakat, semua dapat di laksanakan dengan baik. Penghargaan ini khusus untuk masyarakat Marioritenggnga,”ujarnya.

Sekedar diketahui dari Sembilan Desa yang ada di Kabupaten Soppeng, Desa Marioritenggnga, salah satunya pernah melaksanakan deklarasi Openg Defecation Free (ODF), yang merupakan program bebas buang tinja sembarangan.

Desa Marioritengga Telah berhasil membebaskan warganya dari prilaku buang air besar sembarangan.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page