Metro

Dewas dan Bupati Bahas Strategi Distribusi Air Bersih

36
×

Dewas dan Bupati Bahas Strategi Distribusi Air Bersih

Sebarkan artikel ini

Foto (Ist)

KABAR–SATU,SOPPENG — Momen Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 dan acara Open House yang digelar  Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak, menjadi ajang diskusi yang penting bagi A. Agus PH Rauf, selalu Dewan Pengawas Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Ompo. Rabu malam  (10/4/2024).

Dalam diskusi tersebut, dibahas tentang perkembangan perusahaan daerah air minum di Kabupaten Soppeng, terutama terkait distribusi air bersih kepada masyarakat.

Dalam pembahasan itu, diperinci persoalan yang dihadapi Perumdam Tirta Ompo, termasuk keterlambatan penggajian karyawan dan beban listrik perusahaan. 

Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak, mengatakan, pentingnya mengatasi masalah tersebut untuk memastikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

Salah satu topik penting dalam diskusi rencana pembangunan sumber air baku dari Sungai Ara yang diusulkan Agus PH Rauf. 

Menurutnya, penggunaan Sungai Ara memiliki potensi besar untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat Soppeng, terutama di wilayah kota hingga ke wilayah Kecamatan Ganra.

Meskipun demikian, Bupati Soppeng menyarankan agar rencana ini matang terlebih dahulu melalui desain dan survei yang teliti. 

Ia juga menyampaikan preferensi terhadap sumber air Sungai Lawo, yang menurutnya lebih baik karena memungkinkan untuk intervensi seperti pemakaian kaporit untuk menjernihkan air.

Kaswadi  menegaskan pentingnya melibatkan ahli dalam setiap tahapan proyek, serta meminta Dewan Pengawas untuk terus mengawasi Direksi Perumdam Tirta Ompo dalam menjalankan tugasnya.

Selain itu, dibahas pula tentang sumber air lempa yang dinilai sudah baik, namun perlu dilakukan normalisasi terhadap sumber air Panjilange.ia mengingatkan pentingnya pemantauan terus-menerus terhadap perkembangan serta memperhatikan  masalah penagihan yang harus transparan dan diawali dengan nilai jumlah pemakaian melalui meteran.

**


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page