Metro

Buka Perayaan Pesona Kemilau Toraja, Sekdaprov Ajak Masyarakat Junjung Tinggi Budaya  

3
×

Buka Perayaan Pesona Kemilau Toraja, Sekdaprov Ajak Masyarakat Junjung Tinggi Budaya  

Sebarkan artikel ini

Sekertaris daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulsel Abdul Hayat Gani
KABAR-SATU, TANA TORAJA — Sekertaris daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulsel Abdul Hayat Gani, membuka secara resmi Puncak perayaan Pesona Kemilau Toraja 2019, di Plaza Kolam Makale, Sabtu (28/12/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Abdul Hayat Gani mengatakan, Pemerintah Provinsi sangat mendukung penuh kegiatan tersebut.

Dikatakanya, secara strategis kegiatan itu, di kaitkan dengan program prioritas pembagunan sulsel. Tentunya kata dia, harus melihat visi misi secara inovatif, produktif, komopetitif, daya saing serta berkarakter.

Apa nilai karakter yang akan kita lakukan semua, tentu budaya harus di junjung tinggi, kalau rakyat itu berbudaya tinggi, tentu juga konvensosial akan menurun, karena saling sipakatau dan sipakalebbi,” katanya saat memberi sambutan di acara yang meriah itu.

Kata dia, kegiatan yang dilaksanakan tersebut, merupaka kalender rutin, yang dilaksanakan di Toraja, yang dikemas dalam pesona kemilau Toraja 2019.

Diakuinya, program pembagunan Sulsel dimana destinasi wisata menjadi prioritas utama.

Olehnya itu sambungnya, untuk memajukan suatu promosi wisata, harus di dukung dengan sosial marketing ke depan, serta potensi yang kita potret kondisi yang saat ini terjadi.

“Kurangi diskusi perbanyak eksekusi, kuraangi ke pusat perbanyak ke daerah, dengan memperbanyak asistensi pendampingan yang kita tau masih membutuhkan sdm yang unggul,”ujarnya.

Sementara Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae mengatakan, Pesona Kemilau Toraja, bagian rensonasi pemberdayaan perempuan, maka Tahun ini seluruh acara pesona kemilau Toraja, lebih di dominasi oleh perempuan.

Ia menyebutkan, kebijakan pemerintah provinsi Sulsel selama ini, telah mampu mendorong suatu sinerji antara Kabupaten dengan provinsi, melalui bantua dana yang di kucurkan.

bantuan dana itu melalui hibah dan dana program, tentu kami menunggu, banyak banyak ke Totaja, “paparnya.

Dirinya mengakui, pada Tahun ini, ada tiga even besar yang sudah dilaksanakan diantaranya, even Religi pada bulan April, even budaya Toraja pada Agustus serta even pesona kemilau Toraja yang saat ini berlangsung meriah.

Sekedar di ketahui, para undangan yang hadir disuguhkan dengan beberapa antrasi antara lain, Pa’randing Simbuang, Ma’ Papangan, Sorongan Sepu Tadoan Tole, Ma Lambuk, dan Ma Gendang.

Serta di sela-sela acara juga di tampilkan Pa Tirra, Pa Gellu Todollo, Passuling Tedek, dan Pa Barung.

Hadir dalam kegiatan ini, Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja, anggota DPD RI, tim Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, dan jajaran Forkopimda Kabupaten Tana Toraja dan Provinsi Sulawesi Selatan. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page