Pertanian

Rencanakan Usaha Tani, Kelompok Tani Mattiro Lompo Gelar Musyawarah

17
×

Rencanakan Usaha Tani, Kelompok Tani Mattiro Lompo Gelar Musyawarah

Sebarkan artikel ini

Foto (dok)

KABAR-SATU, SOPPENG —- Kelompok Tani Mattiro lompo Kelurahan Galung, Kecamatan Liliriaja, Kabupaten soppeng malaksanakan musyawarah tani (Mattudang tudang), Selasa (11/2020).

Kadis TPHPKP Fajar melalui Kabid Tanaman Pangan Suhardiman mengatakan, musyawarah tani bertujuan untuk merencanakan usahatani masa tanam Oktober – Maret 2020/2021.

“melalui musyawarah tani ini dibuat kesepakatan ditingkat kelompok, yang nantinya menjadi acuan dalam melaksanakan usahatani pada Musim Tanam berikutnya,”katanya.

Menurutnya, musyawarah tani sangat penting dalam merencanakan usaha tani, apalagi dalam kesepakatan yang dihasilkan dari musyawarah tersebut, dapat diterapkan dilahan usaha taninya.

Disebutkanya, kegiatan itu tak hanya menjadi acar seremonial belaka. Akan tetapi katanya, ditekankan yang perlu dibahas, rencana pemenuhan kebutuhan saprodi, perbaikan sistem budidaya, cara tanam, pemupukan dan penyiangan serta penanganan OPT tanaman.

“jangan hanya terfokus membahas kapan hambur, varietas apa yang akan ditanam dan kapan melakukan pembersihan saluran irigasi,”terangnya.

Acara yang dibuka langsung Lurah Galung, dilanjutkan penjelasan teknis pengendalian hama penyakit oleh Petugas POPT serta evaluasi pelaksanaan masa tanam April – September 2019 oleh Penyuluh Pertanian Lapangan ( PPL) Kelurahan. (Hr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page